Cara Budidaya Ayam Petelur Dengan Mudah

Budidaya ayam petelur

Ayam petelur merupakan ayam yang secara khusus diternakkan untuk diambil telurnya, sekarang ini budidaya ayam petelur sangat digandrungi para peternak karena bisa mendatangkan untung yang lebih banyak. Secara umum ayam petelur dibedakan menjadi dua tipe ayam petelur.


Tipe Ayam Petelur Ringan / Ayam petelur putih

Ayam ini dapat bertelur kra-kira 260 butir/tahun, namun ayam petelur jenis ini sangat sensitif terhadap perubahan cuaca panas dan sensiif apabila ada kegaduhan sekitar kandang yang dapat menyebabkan penurunan hasil produksi.

Tipe Ayam Petelur Medium / Ayam petelur coklat

Jenis  ayam petelur ini selain bisa menghasilkan telur, bisa juga disebut ayam pedaging karena bentuk dan bobot tubuhnya lebh besar dari ayam petelur putih, sehingga peternak dapat mengambil dua keuntungan sekaligus. Namun hasil produksi ayam petelur ini lebih sedikit dibanding ayam petelur putih


Cara Budidaya Ayam Petelur

Tentukan Lokasi Kandang

Ayam petelur memang gampang-gampang susah dalam melakukan budidayanya, namun pada kesempatan kali ini admin mencoba menyuguhkan informasi cara beternak ayam petelur dengan bahasa yang cukup mudah bagi pembaca. Pertama kali yang harus dilakukan dalam budidaya ayam petelur ini adalah menyiapkan kandang. Dan sebagai syarat sebelum membangun kandang, ada baiknya kita perhatikan lokasi kandang tersebut, seperti :

Lokasi jauh dari keramaian/perumahan penduduk.

Karena begitu sensitifnya ayam petelur ini bila terjadi keributan atau kegaduhan disekitar lokasi kandang yang bisa menyebabkan penurunan produksi telur, ada baiknya kandang ditempatkan ditempat luas dan jauh dari keramaian seperti dekat perumahan ataupun jalan raya.

Lokasi mudah dijangkau dari pusat-pusat pemasaran.

Tempat pemasaran juga harus diperhatikan, dekatnya lokasi kandang pada pasar bisa mengurangi ongkos dalam pengiriman hasil produksi, juga bisa memudahkan akses kepada para penjual yang akan menjual hasil produksi kita hingga bisa segera mencukupi kebtuhan masyarakat akan telur ayam

Lokasi kandang bersifat menetap.

Artinya lokasi kandang tidak berpindah-pindah, hal ini selain menghemat biaya pra produksi dan adaptasi ayam petelur terhadap lingkungan bisa lebih kita sesuaikan karena kita sendiri telah terbiasa dengan keadaan lingkungan tersebut. 

Bentuk Kandang Ayam yang sesuai dengan Kebutuhan

Setelah anda menetapkan lokasi kandang yang sesuai, saatnya anda menentukan bentik kandang ayam petelur sesuai kebutuhan. Secara garis besar, bentuk kandang ayam dapat kita baca rinciannya sebagai berikut :

Kandang koloni

Cara Budidaya Ayam Petelur Dengan Mudah
Kadang Koloni

Kandang Ayam petelur ini bersifat massal, artinya satu kandang ditempati semua ayam yang kita ternakkan yang ditempatkan tidak terpisah-pisah. Kandang ini cukup menghemat biaya produksi, namun kelemahan dari kandang seperti ini mudah sekali terjadinya penyebaran penyakit yang akan menyerang ayam dan kita akan kesulitan memisahkan ayam yang sehat dengan ayam yang sakit, juga selain itu, telur yang dihasilkan akan berserakan dan kotor serta cukup memakan waktu untuk mengambil telur-telur yang dihasilkan  

Kandang individual/batere

Artinya satu kandang ditempati seluruh ayam ternak kita namun ditempatkan secara terpisah-pisah didalam kandang tersebut, kandang seperti ini banyak digunakan peternak ayam petelur sekarang ini, karena selain mudah dibersihkan juga hasil dari produksi telur pun lebih bersih serta pakan yang terkontrol.

Cara Budidaya Ayam Petelur Dengan Mudah
kandang individual

Perhatikan cara pembuatan lantai kandang ayam yang baik

Ada dua cara dala dalam pembuatan lantai kandang ayam yang baik, yang pertama gunakanlah litter yang terbuat dari kulit padi dicampur sedikit kapur dan pasir serta serbuk kayu yang mudah didapatkan dan disarankan mempunyai ketebalan 10 cm, hal ini dimaksudkan untuk menahan uap air dari dalam tanah dan akan mdah dibersihkan dan disterilkan dari hama.

Dan apabila anda membangun kandang diatas kolam, anda bisa menggunakan lantai dari bambu yang direnggangkan satu sama lain, celah lantai ini berfungsi membuang kotoran langsung jatuh ke kolam 

Persiapan Bibit / DOC (Day Old Chicken)

Setelah kandang dan perlengkapan kandang telah kita siapkan, sekarang yang kita lakukan adalah menyiapkan bibit atau benih ayam. Pilihlah benih ayam dari induka yang sehat, dengan bulu halus yang tumbuh penuh tidak jarang, tidak cacat dan mempunyai bobot sekitar 35 sampai 40 gram

Pemberian Pakan

1. Fase starter (umur 0-4 minggu)

Ketika benih ayam berumur 0 sampai 4 minggu, beri pakan yang sesuai dengan kebutuhan perkembangannya, perhatikan kandungan gizi dalam pakannya seperti kandungan protein 22% sampai 24%, lemak 2,5%, serat 4%, Kalsium (Ca) 1%, Phospor (P) 0,7-0,9%, ME 2800-3500 Kcal. 
dan unuk takarannya bila umur benih 1 sampai 7 hari berikan pakan 17 gram/ekor/hari, minggu kedua 43 gram/ekor/hari, minggu berikutnya 66 gram/hari/ekor, dan minggu ke empat 91 gram/hari/ekor

2. Fase finisher (umur 4-6 minggu).

Saat benih bermur 4 sapai 6 minggu, beri pakan yang mempunyai kandungan protein 18,1% sampai 21,2%; lemak 2,5%; serat kasar 4,5%; kalsium (Ca) 1%; Phospor (P) 0,7-0,9% dan energi (ME) 2900-3400 Kcal. 
Dosis pakan yang diberikan pada minggu ke-5 yaitu 111 gram/ekor/hari; minggu berikutnya 129 gram/ekor/hari; minggu ke-7 berikan 146 gram/ekor/hari dan minggu ke delapan 161 gram/ekor/hari. 
Untuk pemberian air minum ada hari pertama hendaknya diberi gula dengan dosis 50 gram perliter serta obat anti stres untuk ayam, ai minum harap sering diganti dan dijaga kebersihannya.

Pencegahan Penyakit

Untuk mencegah cepatnya penyebaran penyakit, ayam yang sakit segera dipisahkan dan diberi pengobatan, jagalah selalu kebersihan dalam kandang, tempat makanan dan minuman ayam. Lakukan vaksinasi yang teratur untuk menjaga kesehatan ayam, hubungi dinas peternakan untuk  mendapat penyuluhan.

Panen hasil produksi

Hasil produksi ayam petelur sebaiknay dilakukan 3 kali sehari, dpagi hari sekitar pukul 10 sampaii 11.00, siang hari sekitar pukul 13.00 dan sore hari sekitar pukul 15.00, unuk menjaga kualitas sebelum dipasarkan, perhatikan bentuk telur, bentuk telur yang normal adalah oval memupnyai berat sekitar 57 gram.

Demikian sedikit ulasan Cara Budidaya Ayam Petelur Dengan Mudah, semoga bermanfaat dan mendatangkan untung bagi pembaca. Terima kasih 



2 Responses to “Cara Budidaya Ayam Petelur Dengan Mudah”

indo biotech :

PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

menyediakan Bioaktivator Pakan untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www.tokopedia.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

26 April 2016 23.19

indo biotech :

PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

menyediakan Bioaktivator Pakan untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www.tokopedia.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

26 April 2016 23.19

Posting Komentar